Sabtu, 23 Juni 2012

minggu ke-12 Kebijaksanaan Pemerintah


Nama          : Rahimah
Kelas : 1EB21
NPM : 28211365
Kebijaksanaan Pemerintah

1.     Kebijaksanaan Fiskal
Pengertian
Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah menyangkut hal penerimaan dan pengeluaran negara, dengan kata lain kebijakan fiskal untuk mendapatkan dana dan kebijaksanaan pemerintah untuk melakukan pembangunan. Dari semua unsur APBN hanya pembelanjaan Negara dan pengeluaran Negara yang dapat diatur oleh kebijakan fiskal. Instrumen kebijakan fiskal adalah penerimaan dan pengeluaran pemerintah yang berhubungan erat dengan pajak.
Tujuan Kebijakan Fiskal
Untuk mempengaruhi jalannya perekonomiannya itu dengan cara mempebesar dan memperkecil pengeluaran konsumsi pemerintah, jumlah transfer pemerintah, pajak pemerintah yang mempengaruhi pendapatan nasional, dan memperbesar tingkat kesempatan kerja.
Kebijakan Fiskal dibedakan menjadi :
a.     Kebijakan Fiskal Ekspansioner : Peningkatan belanja pemerintah dan penurunan pajak untuk meningkatkan permintaan agregat dalam perekonomian. Tujuannya untuk meningkatkan produk domestik bruto dan menurunkan angka pengangguran
b.     Kebijakan fiscal kontraksioner : Pengurangan belanja pemerintah dan peningkatan pajak untuk menurunkan permintaan agregat dalam perekonomian.Tujuannya untuk mengontrol Inflasi
c.      Kebijakan fiskal sisi penawaran : Kebijakan fiskal ini dapat secara langsung mempengaruhi permintaan dan penawaran agregat.
Masalah dalam Kebijakan Fiskal
·        Masalah waktu
·        Pertimbangan politis
·        Respon pelaku ekonomi dunia
·        Dampak Crowding-out
·        Kondisi perekonomian dunia
Macam – Macam Kebijakan Fiskal
a.     Kebijakan fiskal otomatis, meliputi :
·        Perubahan otomatis dalam penerimaan pajak
·        Asuransi pengangguran, kesejahteraan, dan transfer payment lainnya
b.     Kebijakan fiskal bebas, meliputi :
·        Pekerjaan umum dan program pengeluaran pemerintah lainnya
·        Proyek padat karya
·        Tingkat pajak
·        Pekerjaan umum
·        Tindakan pemerintah dalam mengatur ekonomi melalui anggaran belanja negara.

2.     Kebijaksanaan Fiskal dan Moneter di Sektor Luar Negeri
Kebijakan fiskal dan moneter di sektor luar negeri, kedua kebijaksanaan ini memiliki istilah kebijaksanaan menekan dan memindah pengeluaran.
Kebijakan ekonomi yang mengarahkan kondisi perekonomian agar menjadi lebih baik dengan cara mengubah penerimaan dan lebih menekankan pengeluaran pemerintah. Seperti kebijakan fiskal.
Kebijakan fiskal akan berdampak pada perekonomian lewat pengeluaran negara, maupun penerimaan negara itu sendiri. Selain pengaruh dari anggaran defisitnya, yaitu selisih dari penerimaan dan pengeluaran negara, Bentuk kegiatan yang dibiayai oleh pengeluaran negara serta jenis sumber penerimaan negara ternyata berpengaruh juga terhadap perekonomian suatu negara.
·        Kebijaksanaan Menekan Pengeluaran adalah Kebijaksanaan yang dilakukan dengan cara mengurangi tingkat konsumsi/pengeluaran yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi di Indonesia. Cara-cara yang ditempuh adalah :
a)     Menaikkan pajak pendapatan.
b)    Mengurangi pengeluaran pemerintah.
·        Kebijaksanaan Memindah Pengeluaran dalam kebijaksanaan menekan pengeluaran, pengeluaran para pelaku ekonomi diusahakan berkurang, maka dalam kebijaksanaan ini pengeluaran mereka tidak berkurang, hanya dipindah dan digeser pada bidang yang tidak terlalu beresiko memperburuk perekonomian. 
Secara paksa kebijakan ini ditempuh dengan cara :
·        Menekan tarif atau quota.
·        Mengawasi pemakaian valuta asing.
jika kebijaksanaan dilakukan secara rangsangan dapat ditempuh dengan cara :
·        Menciptakan rangsangan-rangsangan ekspor.
·        Menstabilkan upah dan harga di dalam negeri.
·        Melakukan Devaluasi, devaluasi adalah suatu tindakan pemerintah dengan menaikkan nilai tukar mata uang Rupiah dan Dolar, devaluasi juga menyebabkan semakin banyak rupiah yang harus dikorbankan untuk mendapatkan satu unit dolar.


Sumber:
·        http://yunitha-kusumawaty.blogspot.com/2012/05/kebijaksanaan-pemerintah.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar